10 Keseruan Body Rafting Di Citumang Pangandaran



gerbang menuju sungai Citumang
Gerbang Menuju Sungai Citumang

Haaaiiii semuaaaa…… Seneng banget nih hari ini aku mau share tentang salah satu pengalaman aku yang sangaaaat menyenangkan. Yes, sesuai judul diatas aku mau share tentang keseruan body rafting aku di Citumang yeaaaayyyy.

Kalian udah pernah ke Citumang? Indah banget kaan itu sungainya dan satu kata buat air Citumang, DINGIN!!!!

Oke langsung mulai aja ya, Citumang sendiri merupakan nama salah satu sungai yang sangat indah, bersih dan bening di wilayah kabupaten Pangandaran. Jarak sungai Citumang dari Pangandaran ga nyampe satu jam kok. Jalanan kesana cukup mudah buat dilalui meski jalannya kecil banget Cuma cukup buat ukuran 1 bis besar. Berikut hal-hal yang akan kalian temui dan akan kalian lakukan di Citumang.

1.       Bertemu dan bernegosiasi dengan guide setempat

Yes, sesampainya disana kalian akan bertemu banyak guide, kalian wajib pake guide yah kalau mau body rafting disana soalnya bahaya banget kalau gapake guide. Harga tiap guide bervariasi loh, tergantung kemampuan kita tawar menawar. Kalau aku waktu itu Cuma bayar 75ribu perorang SEPUASNYA dan difotoin SEBANYAK BANYAKNYA (asal kita bawa kamera). Guidenya terdiri dari dua orang sampai tiga orang, mereka semua bertugas buat ngejagain kita supaya nanti ga ada yang namanya kecelakaan fatal. Biasanya satu atau dua orang fokus ngebimbing kita terus nunjukin mana spot spot bahaya dan apa aja yang harus dilakukan terus satu orang lagi fokus moto motion kita. Kalau kalian jago banget nawar, kalian bisa dapet harga sampai 25ribu perorang tapi aku saranin jangan se’sadis’ itu hehe kasian Guidenya soalnya tanggungjawabnya berat banget. Oya kalian juga bisa mesen paket liwet juga loh pas beres rafting nanti.

2.       Berjalan menuju hulu sungai

body rafting citumang

Oke, setelah kalian udah dapet guide, kalian nanti akan diwajibkan untuk memakai baju pelampung yang sesuai ukuran tubuh kalian. Pilih yang pas aja ya jangan terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Pokoknya jangan terlalu longgar deh, ribet nanti soalnya perjalanan puanjaaang banget rasanya. Kalian nanti juga diwajibkan untuk membuak semua perhiasan dan aksesoris penting kalian.  Eh, aku saranin buat pakai baju yah jangan telanjang dada soalnya dingin banget nusuk ke kulit. Kalau udah siap, nanti kita akan langsung berangkat menuju hulu sungai diatas gunung. Jalannya ga terlalu jauh tapi nanjak jadi terasa jauh terutama buat orang yang jarang olahraga kaya aku.  Di perjalanan kalian akan terkagum sama indahnya sungai dan kerennya bebatuan disana.

3.       Lompat dari ketinggian 10 Meter

citumang jump 10meter

citumang pangandaran

loncat 10meter sungai citumang pangandaran

Lupa lagi tinggi sebenarnya 7 meter, 10 meter atau 15 meter pokonya diantara itu ya. Yap, inilah spot pertama yang akan kalian nikmati di keseruan body rafting Citumang. Di hulu sungai Citumang kaya ada mulut gua gitu, nah di mulut gua ini digunain buat yang mau nguji adrenalinnya. Spot ini optional sih jadi yang berani aja yang maju dan loncat. Waktu itu aku ga ikut loncat, males naik keatasnya sama males liat bebatuan disekelilingnya sama males loncat dari ketinggian setinggi itu pokonya gamauuu… Kalau kata temen temen aku yang loncat, rasanya tuh seru banget dan nagih banget meski lumayan sakit kalau posisi jatuh ke airnya ga bener.

4.       Mengalir seperti sesuatu yang mengambang

body rafting citumang pangandaran

body rafting citumang

Yes, beres dari spot pertama yang ekstrim, selanjutnya kita semua mengambang di air satu barisan dan harus berpegangan satu sama lain supaya tidak terpisah dan supaya seru banget. Kakinya harus diangakat keatas supaya gak kepentok batu pas di sungai dangkal. Kalau pas disungai dalem bebas deh kakinya mau dikemanain juga. Ini tuh kita Cuma santai rilex mengambang seperti sesuatu yang mengambang di air sambil tiduran atau sambil liat sekeliling ataupun sambil difotoin guide.  SERU!!!!

5.       Rintangan 2 Meter


Setelah puas mengalir dan mengambang di sungai yang indah, kita akan dihadapkan pada rintangan pertama. Yap, kita semua harus loncat dari ketinggian 2 meter. Yaampun buat orang yang takut ketinggian sama kedaleman air seperti saya ini, init uh ngeri banget dan butuh waktu lama buat ngumpulin nyali. Tiap anggota loncat, selalu dipandu guide. Tempat loncatnya juga ga sembarangan loh, dipilih yang arusnya paling tenang. Jangan sekali kali loncat ditempat yang dijauhi guide!!! Bahaya banget nanti kalau kejebak arus disana. Waktu itu, percobaan pertama aku ga loncat soalnya serem banget liat kebawah (padah kalau liat dari foto tingginya ga tinggi tinggi banget), percobaan kedua gajadi lagi terus kata guide kalau aku ga loncat sendiri nanti didorong dari belakang. Alkisah karena gamau didorong jadi ya beraniin diri buat loncat deh dan ternyataaa SERU banget pemirsah :’) nyesel gaikut loncat yang 10meter.

6.       Be a Tarzan

body rafting citumang

Kalau kita udah berhasil loncat dari rintangan pertama, ada spot buat loncat dari pinggir sungai pake tali kaya tarzan gitu. Spot yang ini, aku ecited banget dan pengen banget nyoba seru bangeeet loh yang ini meskipun hasilnya telapak tangan lecet merah merah karena tali.

7.       Rintangan 1 Meter

Next setelah jadi tarzan-tarzanan kita akan bertemu dengan rintangan selanjutnya yang ga tinggi tinggi banget kok. Aku lupa ada berapa rintangan pendek yang ada. Pokoknya meski pendek jangan disepelein yah, tetep harus ikut panduan dari Guide.

8.       Jangan sepelekan arus

body rafting citumang
Kaki aku pas kebawa arus lucu kan :v

body rafting citumang
Hati hati yah guys jangan sampe kaya gini ;)

Huftt, ini tuh kejadian yang memalukan sekaligus menyakitkan banget. Jadi ceritanya kita mau foto bareng sekelompok di rintangan pendek yang arusnya KELIATANNYA ga deras sama sekali. Terus satu persatu orang yang masih ngambang bangkit berdiri dibantu sama guide. Apesnya gatau kenapa pas orang didepan aku berdiri, aku kan kehilangan pegangan hidup tuh, alhasil keseret arus deh dan lucunya lagi bos aku yang dibelakang yang ceritanya mau nyelametin aku (padahal Cuma ikut kebawa arus juga) hanyut juga. Ga enak banget kebawa arus kaya gini soalnya harus kepentok pentok batu sana sini. Beruntung terakhirnya aku kepentok batu gede dan ketahan disana jadi ga jauh jauh hanyutnya. Arus sungainya kaya tenang gitu padahal bahayain buat orang orang kurus kaya aku haha.

9.       Membuat lingkaran

body rafting citumang
Yes, this is lingkaran antah berantah -___-

Setelah melalui semua rintangan, kita akan mengambang lagi di arus yang sangat tenang. Kita bisa tiduran disini kalau mau. Oya, sebagian temen temen aku kakinya kram pas di daerah sini dan terpaksa tidak melanjutkan keseruan perjalanan. So, kalian yang mau kesana jangan pernah lupain pemanasan yaa. Di titik akhir sungai besar, kita akan disuruh membuat lingkaran dan membuat foto yang keren.

10.   End


Kalau foto lingkaran udah dibuat, yang tubuh atau kakinya kram bisa naik ke pinggir sungai sedangkan yang masih sehat dan tahan dingin bisa ngambang lagi melalui sungai yang sangat kecil. Disini juga seru banget soalnya sungainya kecil banget hhi. Sesampainya di titik awal pemberangkatan, kita bisa mandi dan makan disana. Yeay


Yes, itu semua pengalaman aku pas body rafting di Citumang. Aku saranin kalau mau body rafting disana bawa temen yang banyak biar seru banget. Beres body rafting dari sini, kalian bisa kembalike Pantai Pangandaran atau pulang ke rumah masing masing. J Terima kasih Citumang.
Latest
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Albee
AUTHOR
December 29, 2017 at 10:24 PM delete

mantap nih liburan panjang ke citumang bisa jadi option selain lembang bandung yang udh rame banget kalau libur panjang

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 4, 2018 at 10:12 PM delete

Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2BPFXyg

Reply
avatar