Pengalaman Ikut Seleksi Rekrutmen PT Bukit Asam 2016

Assalaamualaikum....
kartu prabayar Jakarta


Hallo selamat siang semuanya, hari ini aku mau share tentang pengalaman aku rekrutmen PT Bukit Asam bulan Maret-April kemarin.

aku lupa kapan tepatnya aku tau ada lowongan terbuka disana, pokoknya waktu itu aku daftar dan mengunggah berkas berkas yang diperlukan. Adapun vendor yang dipakai oleh PTBA yaitu dari tim Universitas Sriwijaya Palembang. Saat itu aku belum memiliki ijazah karena memang belum diambil. aku juga tidak punya sertifikat TOEFL tapi aku tetep nekat daftar menggunakan SKL dan transkrip nilai sementara. Selang beberapa minggu aku dapat SMS bahwa aku lulus seleksi administrasi. Yeaaay ga nyangka banget soalnya aku ga punya sertifikat TOEIC waktu itu. 

Setelah lulus seleksi administrasi, aku dijadwalkan ikut tes PReliminary online. Ini saringan pertama yang aku ikuti dan alhamdulillah lolos. Dari sana aku dijadwalin ikut seleksi Tes Aptitude di jakarta, tepatnya di Universitas Trilogi depan Kalibata City. Waktu itu aku gapunya uang sepeserpun loh tapi Allah emang selalu punya jalan buat hambanya. Omnya pacar datang ke Tasik bawa mobil dan malemnya kembali lagi ke Bogor. Bener bener pucuk dicinta ulampun tiba. Waktu itu aku ikut mobilnya om dianterin pacar buat ikut seleksi Aptitude hari Minggu di Kalibata. Sebelum berangkat, aku jual dulu smartphone aku satu satunya buat bekal dan ongkos disana nanti :'( susah payah banget yakkkkkk haha. Btw, aku berangkat hari Kamis terus nginep dirumahnya om pacar di daerah Tajur, Bogor deket Ciawi. Jauh sih dari Jakarta tapi lumayan ga perlu sewa hotel kan jadinya hihi. 

Hari H pun tiba, aku dan pacar dibekali kartu prabayar elektrik sama om biar bisa naik KRL tanpa ngantri. Lima taun ga main ke jakarta, sekarang semua udah serba elektrik. Sampe penuh dompet sama kartu prabayar dari JakCard, Mandiri, PT. KAI dll. Dari Stasiun Bogor ke Kalibata gampang banget. Tinggal naek kereta jurusan apa aja terus nanti turun di Stasiun Duren Kalibata. Sesampainya di TKP, aku berhasil ngerjain soal dengan mulus. Soalnya gampang kok setipe sama soal Preliminary Test kemarin cuma yang ini jumlahnya lebih banyak dan lebih musingin hihi. Beres tes, aku jalan jalan dulu deh ke Botanical Garden, lumaayan isinya indah bersih hijau, pokonya enak banget buat spot foto foto. 

Skip, seminggu kemudian hasilnya udah keluar di website dan alhamdulillah aku lolos juga tes yang ini. Lalu hari Minggu depannya aku dijadwalin ikut test TOEFL di kalibata terus besoknya ikut psikotes tertulis & lusanya ikut psikotes wawancara di wisma senayan. Berangkatlah aku kembali ke Bogor ngerepotin lagi keluarganya om pacar selama hampir seminggu soalnya hari tes nya beda beda. Hari pertama aku tes seperti biasa cuma bekal naik angkot 01 terus angkot 03 turun stasiun Bogor dan naik KRL lagi. Tes yang di Senayan hari berikutnya lumayan ribet soalnya tempatnya jauh dari stasiun. Waktu itu aku turun di Sudirman terus naik Kopaja P19. SUMPAH kapok banget naik kopaja :( harus berdiri, gerah, pas naik atau turun bahaya banget soalnya kopajanya ga berhenti terus jalan. Oya aku buat listnya aja ya dibawah biar lebih jelas. 

1. Lolos Seleksi Administrasi (Waktu itu pake SKL dan gapunya TOEFL tapi tetep lolos ko)
2. Test Aptitude di Kalibata
3. Test TOEFL di Kalibata
4. Psikotes Klasikal (Tertulis) di Senayan
5. Psikotes Individual (Wawancara) di Senayan juga
6. Test Kebugaran, Test Kesehatan dan Wawancara User

daaaan sayangsekali pemirsah aku ga lolos ke tahap 6. :D Agak kecewa sih tapi gapapa soalnya aku tau kualitas saingan(temen) aku bagus banget dan dia lolos yeaaay.. 

Pengalamannya itu loh yang ga bisa diganti dengan apapun ;) 
Previous
Next Post »

35 comments

Write comments
Ahmad Fauzi
AUTHOR
December 9, 2017 at 6:20 AM delete

makasih infonya gan sangat membantu ������

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 9, 2017 at 9:37 PM delete

Itu tes kesehatanya apa aja

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 9, 2017 at 11:44 PM delete

Mau tanya kak. Kalau gak ikut pre test preliminary apa masalah?

Reply
avatar
Sigit Edhi N
AUTHOR
December 10, 2017 at 4:26 AM delete

kak itu seleksinya kira-kira berapa lama yaa ??? dari tahap 1 sampe terakhir ??

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 10, 2017 at 6:12 AM delete

kak, mau nanya.. untuk Test TOEFL nya apakah harus mencapai nilai 500 ,
mohon infonya juga..
yang akhirnya lolos sampai tahap akhir apakah besar kuota penerimaannya atau bagaimana ??
terimakasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 11, 2017 at 4:47 PM delete

sip gan.. mau ikut tes juga kah?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 11, 2017 at 4:47 PM delete

untuk tes kesehatan kurang tau gan, soalnya ga lolos sampe sana...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 11, 2017 at 4:48 PM delete

dua bulanan kayanya gan..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 11, 2017 at 4:50 PM delete

untuk kriteria test TOEFLnya aku kurang tau gan.. tapi kalau mau ambil aman ya kalau bisa dapat segitu lebih bagus.. kuota penerimaannya banyak kok gan.. cuma yang ikut emang banyak juga :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 11, 2017 at 4:50 PM delete

kalau ga ikut nanti ga diproses ke tahap selanjutnya sis..

Reply
avatar
Dhidimulya
AUTHOR
December 11, 2017 at 7:46 PM delete

kalo tes premilinary online itu positif ikut tes sungguhan apa tidak , apa diseleksi baru ikut tes sungguhan

Reply
avatar
Gallant
AUTHOR
December 13, 2017 at 5:22 AM delete

Kak, tes aptitude itu tes apa ya?

Reply
avatar
Bbb
AUTHOR
December 13, 2017 at 11:25 PM delete

Tes preliminary nya tentang apa yah kak??

Reply
avatar
December 16, 2017 at 2:30 AM delete

Gan, tes toefl ny untuk peserta yg belum punya toefl aja atau scra kesluruhan pserta? Bayar atau gratis gan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 17, 2017 at 8:28 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Unknown
AUTHOR
December 17, 2017 at 8:31 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Unknown
AUTHOR
December 17, 2017 at 8:39 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Unknown
AUTHOR
December 18, 2017 at 2:08 AM delete

gan kmrn aku br kelar preliminary online tes, itu beda ya sama aptitude?

Reply
avatar
December 20, 2017 at 11:26 PM delete

untuk seluruh peserta yg lulus aptitude ikut tes toefl gan semuanya meski udah ada sertifikat toefl.. gratis kok..

Reply
avatar
December 20, 2017 at 11:29 PM delete

diseleksi dari preliminary, kalau lolos nanti baru ikut tes aptitude..

Reply
avatar
December 20, 2017 at 11:33 PM delete

yang psikotes wawancara, kita cuma ngobrol ngobrol santai aja gan.. ditanya seputar kehidupan, pengalaman, sama sekitaran kepribadian yang sebelumnya udah ditulis di psikotes tertulis.. pertanyaan teknik seputar jurusan perkuliahan ada dikit secara umum..

Reply
avatar
December 20, 2017 at 11:35 PM delete

nanti aptitude soalnya ga jauh beda kok gan sama yg preliminary.. lebih banyak aja soalnya..

Reply
avatar
Jumadi
AUTHOR
December 23, 2017 at 4:20 AM delete

Thanks sis infonya hihi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 25, 2017 at 7:10 AM delete

Maaf gan mau tanya? Maksud dari semuanya meski udah ada sertifikat toefl! Kita harus punya sertifikat toefl yah klau sudah tes aptitude? Terima kasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 4, 2018 at 7:47 PM delete

2 bulan itu selang dari tes satu ke yang satunya lagi berapa hari kak?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 15, 2018 at 11:15 PM delete

ngga gan, ga wajib punya sertifikat toefl.. soalnya nanti ada tes bahasa inggris langsung dari PTBA nya.. tapi kalau punya ya mungkin bisa jadi nilai plus..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 19, 2018 at 11:33 PM delete

kak, mau tanya untuk Test TOEFL, Psikotes Klasikal (Tertulis), dan Psikotes Individual (Wawancara) apa harinya berturut turut tanpa jeda?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 25, 2018 at 11:57 AM delete

Kak mau tanya dong, untuk hasil lolos atau engga nya yg tes kesehatan, kira kira berapa hari dari tes nya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 26, 2018 at 6:21 AM delete

Saya senin tes psikologi klasikal dan individual. Mau tnya kalau psikologi individual itu wawancara ya kak??

Reply
avatar
Novian
AUTHOR
February 13, 2018 at 10:09 PM delete

Ada yg sudah pengumuman hasil tes kesehatan Januari 2018?
Thanks

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
February 14, 2018 at 9:27 PM delete

Udah keluar. Silahkan cek di dasbor masing2. Tes selanjutnya wawancara user tgl 19

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 5, 2020 at 5:08 AM delete

Kak mau tanya untuk psikotes wawancara sama wawancara user pakai bahasa Indonesia atau bahasa Inggris kak

Reply
avatar
Ale ale
AUTHOR
March 18, 2020 at 8:44 PM delete

Kak... Tips buat lolos tes preliminary online dong

Reply
avatar
Mrs H
AUTHOR
November 3, 2023 at 9:02 AM delete

mau tanya kak, tes preliminary itu tentang apa ya ? kemampuan dasar atau matematika, fisika dan kima ? mohon info kak

Reply
avatar